5 Cara Menghilangkan Stress

Rabu, 16 Desember 2009



Stress nerupakan reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya sehingga stress membuat tubuh memproduksi hormone adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri. Dan merupakan bagian dari kehidupan manusia. Tapi bila berlebihan akan membuat tubuh gelisah, tegang , sakit kepala, lupan diare dan lain2. Berikut tips agar dapat menjadi pribadi tangguh menghadapi masalah :
1. Paham tujuan hidup
Sejatinya kita umat muslim tahu bahwa kita hidup di dunia untuk beribadah kepada Allah (adz-Dzariat : 56 ) dan hidup dan mati kita hanya untuk Allah ( Al-An’am : 162 ) dengan itu kita punya pijakan yanag jelas dan hidup terasa enteng .
2. Paham Nilai dunia
“ kehidupan dunia itu tidak lain adalah kesenangan yang memperdayakan (Ali Imron : 185 ) jadi jangan terlalu repot dan bersusah payah untuk mendapatkan dunia.
3. Tawakal, Syukur dan Sabar
Dgn tawakal yaiu ikhtiar dan Doa kita menyerahkan hasil akhirnya kepada Allah dan kita yakin itulah yang terbaik. Dengan syukur apa yang kita terima saat ini tidak menjadikan kita gelisah. Dan dengan sabar kita bisa mengatasi masalah tanpa menggunakan emosi.
4. Paham takdir
Dengan memahami takdir kita akan percaya ke Maha Kuasaan Allah dan Ke Maha AdilanNya. Dalam kondisi sepahit apapun kita tetap menggantungkan hidup kita kepada Allah.
5. Memaknai harta secara benar
“ sesungguhnya umat ini memiliki cobaan dan cobaan umatku adalah harta benda” (tirmizi) jadi harta yang kita punya sekarang ini merupakan cobaan dari Allah dan sebagai alat untuk melangkah di dunia.
Begitulah, islam ini mengarahkan presepsi manusia tentang hidup dan segala cakupannya yang indah, selaras dan seimbang.bila mampu mempersiapkan kehidupan dengan benar, ketenangan dan ketetramanlah yang ada, tak ada lagi kekhawatiran apalagi stress. Selamat tinggal stress ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar