Zikir Amalan Paling Utama

Senin, 21 Desember 2009


Dari abu darda dari nabi, beliau bersabda, “maukah kalian ku tunjukkan tentang sebaik-baik amalan dan juga amalan yang paling suci disisi Pemelihara kalian? Amalan yang dapat meninggikan derajat kalian dan lebih baik dari infak kalian dengan emas dan uang. Dan maukah aku tunjukkan kepada kalian amalan yang lebih baik dari kemampuan kalian mengalahkan musuh dengan menebas leher mereka dan mereka menebas leher kalian?” Para sahabat bertanya “Apakah itu wahai Rasulluhlah?” beliu menjawab “ yaitu zikir (mengingat allah).”
Zikir ada tiga macam :

1. Mengingat Allah dengan menyebut nama-Nya dan sifat-Nya dan juga menyanjung-Nya dalam zikir

2. Dengan bertasbih (menyucikan Allah), bertahmid (memuji nama-Nya) dan mengagungka-Nya. Itulah zikir yang paling sering dilakukan oleh ulama masa kini.

3. Yaitu zikir dengan hokum hokum nya, dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Zikir ini merupakan zikir para penuntut ilmu.

Allah berfirman :
“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta". (taahaa: 124)


“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (ar-ra’d)


Termasuk juga zikir mengingat Allah ilalah berdoa dan meminta ampun dan merendah kepada allah.

Dikutip dari mutiara ibnul Qayyim al- jauziah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar